Jumat, 04 November 2011

Masalah Sosial Akibat Penyimpangan Aktualisasi Diri

           Dalam pergaulan saya memang dalam pertemanan, di suatu kelompok pasti ada leader atau pemimpin dalam hal ini saya tidak suka dengan cara itu agar pada saat kita bergaul dengan teman tidak ada yang membatasi dan mengatur dalam bergaul. Karena itu saya menghindari pertemanan seperti itu saya lebih suka yang netral, sebab apabila seperti itu masalahnya pasti akan menggantungkan orang yang lebih aktif dalam pertemanan. 
           Dalam pergaulan pasti ada pengaruh dari orang sekitar entah itu negatif ataupun positif, masalah yang saya alami adalah saat SMA saya bergaul dengan anak-anak yang sepertinya bisa di bilang agak nakal, kenakalan yang sering di buat adalah merokok saat masih menggunakan seragam sekolah, cabut saat pelajaran berlangsung. Dari sekian banyak kenakalan ini tidak banyak yang saya ikuti saya cabut sekolah atau pelajaran tidak pernah itu hanya kenakalan teman-teman saya tapi  kalau merokok saya memang mengalami, awalnya saya cuma ikut-ikutan tapi kelama-lamaan menjadi perokok aktif, setiap pulang sekolah saya tidak
langsung pulang ke rumah tapi saya main dengan teman-teman saya terlebih dahulu. Di mulai dari situ saya mulai merasakan ada suatu masalah sosial akibat saya merokok, masalah yang saya dapat adalah saya mulai di curigai oleh orang tua saya kalau saya merokok karena saya tidak boleh merokok apabila belum bisa menghasilkan uang sendiri. Orang tua saya sudah mulai tahu bahwa saya adalah perokok mungkin mereka tahu dari saudara yang melihat saya merokok atau emang dari ciri-ciri saya. Dan hal ini pun saya rasakan kepada teman saya yang tidak suka dengan rokok apabila saya sedang merokok saya merasa di hindari dari dia dan saya pun mulai di nilai nakal oleh dia, Selain  itu saya merasa apabila dalam bermain dengan teman-teman apabila saat bermain futsal teman-teman saya memang semua jago dalam bermain futsal tapi saya hanya bisa sekedar bermain dan tidak mempunyai skill sedikit pun oleh karena itu saya merasa tersingkirkan atau tidak berguna kadang saya merasa iri dengan teman-teman saya. Memang setiap manusia itu ada kekurangan dan ada kelebihannya juga apa yang kita dapat harus di syukuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar