Selasa, 22 November 2011

Warna Warni tembok grafity


 http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/video.php?file_video=warna_warni_tembok_grafity.flv

Video ini menjelaskan dan menceritakn tentang seseorang yang menggemari suatu grafiti dalam istilah wikipedia grafiti itu adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur. Di dalam video ini pembuat video mencoba mencari pendapat dari masyarakat tentang  grafiti tersebut.
Makna grafiti dalam masyarakat adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.
Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.
Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali kariernya dari kegiatan grafiti. Si penggemar grafiti atau dalam kata gaulnya bomber dia menegaskan bahwa grafiti itu seni, di dalam video ini dia bercerita pengalaman bagaimana bisa dia membuat
 grafiti di dinding-dinding jalan dia menjelaskan dalam perjalanan membuat grafiti dia secara diam-diam mencoret-coret ke dinding dan dia pernah di kejar-kejar oleh rantib. Jadi kesimpulan pada film ini adalah bahwa grafiti itu adalah sebuah seni lukis namun sesuai dengan tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar