Minggu, 27 November 2011

Candi Gentong

 


Candi gentong terletak di desa jambumente, kecamatan atrowulan. Candi gentong merupakan salah satu dari 3 candi yang berderet dengan arah bujur barat ke timur yaitu candi gedong,
candi tengah dan candi gentong. Namun kedua candi tersebut sekarang sudah tidak Nampak lagi. Candi gentong, dinamakan seperti itu karena ketika ditemukan candi tersebut tertimbun oleh tanah yang menggunung dan membentuk seperti gentong tapi tidak ada keterangan pasti mengapa hal itu bisa terjadi. Candi gentong digunakan untuk upacara umat budha (upacara seradah).  
Usaha pelestarian candi gentong yang di lakukan berjalan selama 6 tahun mulai tahun anggaran tahun 1995 sampai dengan tahun 2000.  Hasil yang di capai adalah penampakan candi Gentong1 dan candi Gentong2 serta usaha-usaha pelestariannya.  Di dalam candi ditemukan lebih dari seratus stupika dan bagian tengah merupakan pusat dari candi. 
Kesimpulan video ini menjelaskan suatu candi bernama gentong karena di temukan menggunung seperti gentong, video ini menjelaskan tentang struktur pada bagian-bagian candi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar