Kamis, 06 Oktober 2011

Pencemaran Lingkungan

              Manusia di zaman serba modern ini sulit untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dimana-mana yang kita temui sekarang dalam hidup kita hanyalah pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh aktifitas manusia sendiri yang menyebabkan lingkungan manusia menjadi tidak sehat. Pencemaran dapat di timbulkan oleh kegiatan manusia.

Macam-macam pencemaran lingkungan



  1. Limbah
Limbah didefinisikan sebagai sisa/buangan dari suatu usaha atau kegiatan manusia. Limbah sering kali di buang oleh manusia ke lingkungan mahkluk hidup.
Pengelompokan berdasarkan jenis senyawa:
·       Limbah anorganik tidak dapat di busukan oleh mikroorganisme. Seperti : alumunium, plastik, dan kertas.
·       Limbah organik mudah di busukan oleh mikoorganisme, meliputi limbah dari mahkluk hidup.
Pengelompokan berdasarkan wujud:
·       Limbah cair domestik yaitu limbah cair hasil dari perumahan.
·       Limbah cair industri limbah cair hasil buangan industri.
·       Limbah gas terkandung  unsur-unsur kimia, penambaha gas ke udara yang melampaui batas akan menurunkan kualitas udara.
·       Limbah bahan berbahaya dan beracun B3 adalah sisa suatu kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Baik secara langsung maupun tidak langsung merusak lingkungan hidup dan kesehatan.
  1. Polusi
    • Polusi udara, dapat di timbulkan oleh polutan dari sumber-sumber alami atau kegiatan manusia. Yang di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor yang tidak sempurna, asap hasil pembakaran pabrik yang mengeluarkan asap kelabu kehitaman.
    • Polusi air, sumber polusi yang membuang polutan di lokasi spesifik melalui pipa, selokan atau saluran pembuangan.
 Dampak-dampak pencemaran lingkungan


Gangguan kesehatan berbagai jenis polutan dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik bagi manusia maupun mahkluk hidup lainnya. Asbut adalah singkatan dari asap dan kabut, kedua polutan tersebut akan mengalami reaksi fotokimia membentuk ozon. Ozon tersebut juga dapat bereaksi berbagai polutan udara lainnya membentuk ratusan jenis polutan sekunder yang berbahaya bagi kesehatan.
Hujan asam, dapat merusak jaringan tanaman sehingga menghambat pertumbuhannya, menyebabkan penyakit pernapasan, dan pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan meninggal.
Pemanasan global adalah kejadian meningkat suhu rata-rata bumi, pemanasan terjadi akibat efek rumah kaca yang di timbulkan oleh gas-gas rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan peristiwa tertahanannya atau terperangkapnya panas matahari di lapisan atmosfer bumi bagian bawah oleh gas-gas rumah kaca yang membentuk lapisan di atmosfer dan penipisan lapisan ozon menyebabkan sebagian besar radiasi sinar UV terpancar ke permukaan bumi sinar UV memiliki dampak yang buruk di antaranya menimbulkan mutasi, kanker kulit, penyakit pda tumbuhan dan akhirnya menurunkan populasi pada mahkluk hidup.


Penanganan pencemaran lingkungan.
           
            Dapat di lalukan dengan cara pembuatan kompos dari berbagai limbah dari sampah organik melalui proses degradasi/penguraian oleh mikroorganisme tertentu. Kompos berguna untuk memperbaiki strutur tanah dan menyediakan zat makanan yang di perlukan tumbuhan, sementara mikroba yang ada dalam kompos dapat membantu penyerapan zat makanan yang di butuhkan tumbuhan. Pembuatan kompos merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi timbunan sampah organik.
Daur ulang bahan-bahan daur ulang dapat di jadikan berbagai produk pernak pernik dan hasil produk lainnya cantohnya, limbah kertas bisa di daur ulang menjadi kertas kembali, limbah kaca dalam bentuk botol atau wadah bisa di daur ulang menjadi botol atau di campur dengan aspal untuk pembuatan jalan, plastik bisa di daur ulang menjadi pernak-pernik atau kerajinan tangan seperti hiasan rumah atau pajangan. 
Melakukan penghijauan dengan menanam pohon untuk membersihkan udara dari polusi karena tumbuhan merupakan agen alami untuk mengurangi polusi udara, seperti pohon angsana, mahoni, dan tanaman yang lainnya.

Referensi : Modul Ilmu Pengetahuan Alam SMA Penerbit Erlangga




               

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar