DEFINISI WEB
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
SEJARAH WEB
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP(bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
• WIMAX
WiMAX merupakan suatu platform yang digunakan pada Metropolitan Area Network (MAN) yang sebelumnya menggunakan fiber optic, GSB, FSL. WiMAX merupakan singkatan Worldwide Interoperability for Microwave Access. Ini merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis maupun pengguna internet di dunia.
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) hadir sebagai solusi keterbatasan akses pada Wi-Fi yang dirancang untuk pemakaian dalam ruang. Teknologi yang menggunakan OFDM ini mampu memberikan layanan data berkecepatan hingga 70 Mbps dalam radius 50 km. Radius yang cukup untuk menjadikan WiMAX sebagai jaringan telekomunikasi broadband menggantikan teknologi fixedline. Jika dibandingkan dengan fixedline biaya instalasi jaringan WiMAX jauh lebih murah.
• HyperText Markup Language (HTML)
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuahpenjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam formatASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa)
• INTERNET
Definisi internet adalah rangkaian atau jaringan sejumlah komputer yang saling berhubungan. Internet berasal dari kata interconnected-networking. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu jaringan (network) dengan jaringan lainnya di seluruh dunia. Media yang menghubungkan bisa berupa kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio.
Jaringan internet bekerja bekerja berdasarkan suatu protokol (aturan). TCP/IP yaitu Transmission Control Protocol Internet Protocol adalah protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan di dalam internet sehingga data dapat dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Setiap komputer diberikan suatu nomor unik yang disebut dengan alamat IP.
Sejarah internet dimulai dari ARPANet, yaitu sebuah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan sebuah riset yaitu bagaimana cara menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya atau membentuk suatu jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk jaringan. Kemudian tahun 1973 jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah internet berlanjut ketika komputer di University College di London ikut bergabung dengan jaringan ARPANet. Di tahun-tahun selanjutnya jaringan ini semakin berkembang.
Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an. Demikianlah sejarah internet secara singkat.
• USENET
Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.
Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakanNewsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan sambungan internet ke peladen warta (news server) terdekat.
• FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
• GHOPER
Gopher adalah , Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu.
JENIS-JENIS WEB
• Website Statis
Sebuah situs web statis adalah bentuk website sederhana di mana konten situs disampaikan tanpa menggunakan pengolahan terlalu banyak dari sisi server, website statis digunakan terutama untuk untuk menampilkan brosur atau animasi yang pada umumnya tanpa banyak dilakukan perubahan setelah website tersebut dibuat.
Keterbatasan utama dari website statis adalah tidak memberikan interaktivitas dengan pengguna karena hanya berupa halaman web tanpa ada system tertentu jadi tidak ada pengumpulan informasi dari pengguna atau melayani tindakan pengguna ketika berada dalam web statis. Situs Web statis yang besar walaupun termasuk sederhana tetapi dalam pembuatan dan pengembangannya cukup sulit dikarenakan ketika ingin tambah halaman atau konten lainnya harus dilakukan manual disebabkan tidak terintegrasinya system, namun dalam satu sisi Web Statis akan cepat dalam proses loading.
• Website Dinamis
Website Dinamis bergantung pada scripting untuk interaktivitas dengan pengguna yang biasanya sudah termasuk pengelolaan database dalam pengolahan konten untuk setiap halaman, sebuah pendekatan dinamis sesuai untuk website dengan konten yang diformulasikan misalnya, katalog, album foto dan serangkaian data kompleks, sebuah situs web dinamis memungkinkan pengguna bisa menyortir dan melakukan penelusuran pada situs web melalui database, atau untuk membatasi akses ke bagian situs web tertentu menggunakan prosedur log-in.
Menggunakan database untuk menyimpan dan mengelola konten adalah cara yang efisien bagi pengelolaan sebuah situs yang besar, melakukan edit maupun penambahan umunya bisa dilakukan dengan mudah daripada situs web statis.
• Website e-Commerce
Sebuah situs web eCommerce merupakan sebuah website dinamis yang memiliki fungsi untuk memproses transaksi keuangan, website eCommerce Kebanyakan menyerupai system penjualan yang ada ditoko pada umunya ada katalog produk, harga per produk dan pencantuman keterangan masing-masing produk kemudian klik beli dan checkout menggunakan sistem pembayaran online yang aman.
WEB untuk pertumbuhan sosial dan ekonomi
a.
Dampak positif teknologi di bidang sosial
- Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar
yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita
yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan
maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang
sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
- Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di
negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan
kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi
dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
- Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek
kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang
diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
- Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat,
khususnya di kalangan remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan
ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam
materitetapi miskin dalam rohani”.
- Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja
semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di
masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan
kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam
menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama, kenakalan dan
tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam
berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,pelanggaran lalu
lintas sampai tindak kejahatan.
- Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran
komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon
telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia
luar.Program internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah
membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya
berbagai warnet memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki
komputer dan saluran internet. Kini semakin banyak orang yang
menghabiskanwaktunya sendirian dengan komputer. Melalui
program internet relay chatting (IRC) anak-anakbisa asyik mengobrol dengan
teman dan orang asing kapan saja.
b.
Dampak teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi
berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat
positifnya antara lain:
- Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
- Terjadinya industrialisasi
- Produktifitas dunia industri semakin meningkat
- Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut
pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak
pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah
pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan
pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang
berubah tersebut.
- Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu
menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
Dalam bidang
ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan
suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain
itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini
transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan
pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh
transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping
Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Kemajuan teknologi akan
meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi
industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung
secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia
ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan
semakin penting.
Web Science & Metodologi Web
Science
Web Science juga
berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang
baik atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan
yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi
sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga
fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat
disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi
yang baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan
dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan
pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web
Science Trust.
Proses dari web
science sendiri terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam
presentasi Tim Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang
timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia
yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat
kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau
dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah ide
terealisasi, tentunya teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek
mikro dan makro yang pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah
baru. Dalam presentasinya, Tim Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu
proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses
terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi
lebih lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana
manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka
muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet
(Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email
yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang
menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web
Science
Web Science merupakan
kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian
yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan
(mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya
[Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa
27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain
adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang
digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science
akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun
peneliti akademisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar